Praktek Layanan Bimbingan dan Konseling oleh 2 Mahasiswi IAIN Sorong di MAN Kota Sorong

Praktek Layanan Bimbingan dan Konseling oleh 2 Mahasiswi IAIN Sorong

SORONG,Praktek Layanan Bimbingan dan Konseling: Memahami Konflik pada Remaja

Pada tanggal 4 Mei 2024, sebuah acara penting telah diselenggarakan di MAN Kota Sorong, yang melibatkan mahasiswi dari Program Studi Bimbingan dan Penyuluhan Islam. Dua mahasiswi telah menyelenggarakan sesi bimbingan dan konseling yang membahas tentang konflik pada remaja, sebuah topik yang relevan dan penting dalam pembentukan karakter dan kesejahteraan masa depan generasi muda.

Dalam pembahasan mereka, para pemateri menggarisbawahi masa transisi yang kompleks dari masa anak-anak menuju masa remaja. Masa ini seringkali dipenuhi dengan perubahan signifikan, baik secara fisik maupun emosional, serta dimulainya fase pubertas yang menandai awal dari perjalanan menuju kedewasaan. Mahasiswa yang menghadiri kelas ini, terutama dari kelas 10, merupakan sasaran utama dari bimbingan ini karena mereka berada pada tahap-tahap krusial dalam perkembangan pribadi dan sosial mereka.

Sesi bimbingan dan konseling ini memberikan pemahaman yang mendalam tentang konflik-konflik yang mungkin dihadapi oleh remaja selama masa transisi mereka. Para pemateri tidak hanya mengidentifikasi konflik-konflik tersebut, tetapi juga memberikan strategi dan solusi yang dapat membantu remaja menghadapinya dengan bijak dan konstruktif.

Selain itu, pemateri juga menyoroti pentingnya memahami dan merawat kesejahteraan emosional remaja. Mereka membahas pentingnya dukungan sosial dan lingkungan yang sehat dalam membantu remaja menghadapi tantangan dan mengatasi konflik-konflik yang mungkin timbul. Diskusi mendalam tentang bagaimana mengelola stres dan emosi negatif juga menjadi fokus dalam sesi ini.

Partisipasi aktif dua mahasiswi dari Program Studi Bimbingan dan Penyuluhan Islam IAIN Sorong memberikan kontribusi yang berharga dalam upaya memahami dan mengatasi konflik pada remaja. Dengan pengetahuan dan keterampilan yang mereka miliki, mereka telah berhasil menyampaikan materi dengan baik dan memberikan pandangan yang segar dan mendalam tentang isu-isu yang dihadapi oleh remaja masa kini.

Praktek Layanan Bimbingan dan Konseling ini telah membawa manfaat besar bagi para mahasiswa kelas 10 MAN Kota Sorong. Dengan memperdalam pemahaman tentang konflik pada remaja dan upaya-upaya untuk mengatasi tantangan yang muncul, kita semua dapat bergerak maju menuju masa depan yang lebih cerah dan harmonis.

Penulis : Abdul Aji Rumakey

Editor : Hadi Jumron Almohdar

Informasi MAN

MAN Kota Sorong
NISP : 60702895
Alamat:Jl. Basuki Rahmat No. 40
Kec:Sorong Manoi
Kel:Remu Selatan
Kab/Kota:Kota Sorong
Provinsi:Papua Barat
Kode Pos:98415
Fax:(0951) 321278
Email:man.kotasorong@gmail.com


Madrasah Mandiri Berprestasi


Berita Terbaru

DAFTAR KELULUSAN PPDB MAN KOTA SORONG 2024-2025
26 Mei 2024By
PANITIA UAS MAN KOTA SORONG TAHUN AJARAN 2023-2024
26 Mei 2024By
Peserta 02SN MAN Kota Sorong Meraih Prestasi Juara 2 Renang Putra, Juara 2 Pencak Silat Putri dan Juara 3 Karate Putri
26 Mei 2024By

Leave a Reply